Rabu, 12 Agustus 2020

ABOUT CLODI

Diposting oleh ayusrswti di 00.15

Heloooouuuu mommies...

Udah lama banget ga buka blog apalagi nulis. Maklum, sekarang aku udah mau jadi ibu anak dua :').

Nah, sekarang aku mau review tetang CLODI. Jadi, sebulan yang lalu aku beli clodi. Karna, raffa anak pertama aku udah umur 2 tahun. Selama 2 tahun raffa selalu pake popok sekali pakai. Tapi, sekarang karna aku hamil anak kedua, jadi aku pikir, kayanya harus move ke clodi supaya anak kedua aku full dari awal lahir sampe nanti waktu bisa mandiri alias bisa pipis atau poop sendiri  dia make clodi. 

5 alasan aku untuk pindah kelain hati dari popok sekali pakai ke clodi adalah : 

1. LEBIH HEMAT

Namanya juga mamak mamak ya, segala sesuatu diperhitungkan :'). Mungkin, aku tipe ibu yang agak telat tingkat kesadarannya. Karna, aku dulu sempet mikir ah clodi mahal.. ah clodi ribet dicuci cuci, nambah kerjaan rumah aja.. BUT, semua pemikiran itu terhempas sekarang. Memang awal untuk beli clodi itu lumayan. Karna, harga clodi yg lumayan recommended sekitar Rp 50.000 keatas. Tapiiiii,  itu cuma awal doang kok mom. Setelah dihitung-hitung... Misal :

Sebulan beli popok sekali pakai Rp 350.000 X 12 bulan = Rp. 4.200.000 pengeluaran untuk popok sekali pakai.

Sedangkan kalo beli clodi, waktu beli 1 Lusin clodi merk Babyla*nd  Rp 673.000 udah dapet 12 Cover dengan motif yang lucu-lucu + 24 Inner. https://shopee.co.id/raisababystore?categoryId=45&itemId=74301679

Dengan harga clodi segitu, mom ga perlu beli beli lagi tiap bulannya. Memang si nambah kerjaan rumah. Tapi kalo udah dijalanin dan terbiasa, itu ga ribet sama sekali. 


2. BISA TURUN KE ANAK SELANJUTNYA

Nah, clodi ini sifatnya nerus ya mom. Jadi kalo mom emg berniat mau punya anak lebih dari satu, ini recommend banget. Karna, anak kedua udah ga perlu beli popok sekali pakai atau clodi baru lagi. Lumayan kan buat mengurangi pengeluaran mommies.


3. MENGURANGI SAMPAH

4. CLODI TIDAK MENGANDUNG BAHAN KIMIA

5. TOILET TRAINING

Raffa sudah mulai diajarin toilet training nih mom. Jadi, kalo make si clodi ini, si anak akan lebih meningkat tingkat kesadarannya. Misal, waktu pake popok sekali pakai raffa jarang banget bilang "Nda, pipis" atau "Nda, poop". Nah, sekarang raffa lebih sering menyadarinya. Dia mulai sering ngasih tau kalo pipis atau poop. Dari situ awal si anak belajar toilet training. Aku juga beliin potty training untuk raffa https://shopee.co.id/product/4121763/102434470 , Supaya saat dia bilang poop, langsung aku bisa arahin ke si potty. Alhamdulillah, raffa udah mulai poop di si potty. Yaaaa, walaupun sesekali masih suka kecolongan :') gapapa ya mom, namanya juga belajar. hehe


Gimana sih cara bersihin clodi... ribet ga sih?

Sebenarnya si ribet ga ribet ya mom. Karna kan semua itu ada plus minusnya. Raffa ganti clodi itu 4-5 jam sekali. 

Jadi, setelah clodi di pakai dan hanya ada pipis aja, langsung cuci pake air keran/selang gitu. Setelah itu, masukin ke dalam ember yang sudah diisi air.

Sedangkan kalo poop, bersihin poop nya pake closet shower/selang air dan masukan poop nya ke closet/wc. Tips : Jangan kucek-kucek cover/insert yang masih ada poop nya. Karna mengakibatkan noda melebaaarrrr. Jadi, semprot aja pake closet shower sampe hilang poop nya. Nah, setelah itu kan tinggal noda-noda nya, baru deh di kucek-kucek. Biasanya aku kasih sedikit deterjen buat clodi merk Anz*v. Agak susah si cari deterjen ini, makanya aku selalu beli di shopee aja hehe. Setelah dikucek-kucek, masukin deh ke ember yang berisi air. 

Si ember ini khusus buat clodi. Jadi, pagi harinya, saat dimana waktunya untuk cuci para clodi kesayangan. Aku cuci pake mesin cuci ya mom. Soalnya, aku dirumah sama anak aja + lagi kondisi hamil. Jadi, aku memilih cuci pake mesin cuci. BUT, aku tetap menjaga kualitas clodi-clodi ku. Saat mau di laundry, aku pisahin cover sama insert nya dan masukin ke dalam Laundry pocket https://shopee.co.id/product/4121763/7808416377 . Setting pake mode lembut aja. Kalo masih ada noda membandel, Mom bisa coba tambahin sedikit baking soda untuk rontokin si noda. Kadang, kalo mood cuci lg nongol, clodi-clodi yang seharian udah dipakai aku masukan ke dalam ember berisi air dan deterjen, setelah itu aku cuci pake tangan. Tapi tetep bilasnya pake mesin cuci dan dipisah cover dan insert nya. Bilas dengan mesin cuci di mode lembut dan setting waktu nya supaya ga terlalu lama bilasnya. Karna kadang, aku bilas nya takut kurang bersih/masih ada sisa deterjen di clodinya. Semua tergantung mommies aja pilih manual atau mesin cuci. hehe

Setelah clodi-clodi sudah bersih, saat nya jemur. Nah, jemurnya di bawah sinar matahari ya mom. Apalagi kalo masih ada noda yang susah ilangnya. Noda dihadapkan ke mataharinya ya mom. Entah kenapa saat udah kering, clodi yg ada noda nya itu hilang gitu aja mom. Entah karna saat pencucian dipakein/direndem pake deterjen + baking soda atau gara-gara di jemur dibawah sinar matahari. Wallahu a'lam :')

Sekian dulu penjelasan tetang si clodi ini. Silahkan bertanya di kolom komentar :p


0 komentar:

Posting Komentar

 

ayusrswtiblog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review