Sabtu, 04 April 2015

Gunung Papandayan 2665 mdpl

Diposting oleh ayusrswti di 04.22
yuhuuuuuu balik lagi mulai posting-posting haha. nah gue mau berbagi cerita waktu first time naik naik ke gunung. ini bener-bener baru pertama kali dan gue ga ada persiapan ini itu. akhirnya, dadakan gue beli sepatu, tas, jaket. itu perama kali gue punya equipment buat ngeDAKI. D A K I !!!! haha


gue diajak sama salah satu temen gue buat ikut trip kesana tanggal 6-8 Juni 2014 lalu sama anak-anak dari backpacker indonesia reg tangerang. telat banget ya postingnya :') yo wes lah rapopo. ayo kita mulai ceritaaanyaaaa.................

6 Juni 2014
pagi hari gue masih kuliah. siang juga kuliah. pulang sampe rumah baru sore. gue buru-buru cek ulang barang-barang yang udah gue siapin semalem. gue langsung ke stasiun batu ceper buat pergi ke bekasi. kenapa bekasi??? KENAPAAA??? bekasi oh bekasi. berasa pindah planet gue kalo inget-inget pergi kesana. gue ke bekasi dulu biar bareng sama temen gue ke garut nya. udah same bekasi, gue sama temen gue langsung cek dan packing ulang barang-barang. abis itu langsung kejar bus ke garut. ngebut-ngebut, lari-larian, ampe gue kedipin mata kenek bus biar ditugguin karna itu bus jurusan garut terakhir. diperjalanan gue molor, makan, ngomongin orang, molor lagi, makan lagi, ngomongin orang, begituu terus. sampe malaikat yang nyatet dosa-dosa gue mulai letih :') gue berangkat kalo ga salah jam 8/9 malem, nyampe terminal garut gue lupa namanya apa kira-kira jam 2/3 malem. lupa gue pokonya lupaaaaaa....

7 Juni 2014
udah sampe terminal garut yang gue lupa namanya itu, gue langsung naik mobil elf yang langsung ke tempat pemberhentian buat ke papandayan. sekali lagi, gue lupa apaan nama tempatnya. pokonya gue berenti pinggir jalan dan gue stay di perempatan bengkel nungguin anak-anak dari backpacker tangerang. pas gue lagi nunggu, gue ketemu orang-orang yang mau ke papandayan juga.gue dari tangerang - ke bekasi - ampe gue ke garut, gue ketemu orang-orang tangerang juga :') populasi warga tangerang dimana-mana :'). pas gue lagi tidur, gue dibilangin sm temen gue kalo anak-anak BPI Tangerang udah sampe dan mereka udah pada naik mobil losbak buat menuju ke PARKIRAN/CAMP DAVID . gue langsung bangun dan sewa mobil losbak bersama anak tangerang yang tadi ketemu di bengkel. sesampainya gue di camp, gue ketemu dan gabung ke anak-anak dari BPI Tangerang. sebelum berangkat, kita berdoa bersama dulu semoga diberi kelancaran dan keselamatan selama pendakian. terus langsuuungg leett's gooooooo...........

ini dia perjalanan pendakian gunung papandayan :
  • sampai di parkiran/camp david
  • mulai berjalan mendaki melewati kawah dan disitu akan ada pemandangan kepulan asap dari kawah-kawah, menyebrangi aliran sungai, dari awal mendaki udah ketemu batu-batuan. jadi hati hati dan tetap fokus :') kalo kurang fokus, tau kan mesti minum apa?

  • perjalanan semakin seru dengan jalur yang terus mendaki dan jalur yang muat 1/2 orang saja. naik lagi naik teruuuus naiikkk, akhirnya ketemu juga pondok salada. hehehe 

  • di pondok salada gue sempet bengong liat orang jualan tahu sumedang, cilok.... bukannya seneng bisa jajan jajan. tapi, jadi ga ada greget nya. apalagi ditambah udah ada fasilitas toilet sama tempat nyuci :') sesampainya disana, kita langsung gelar tenda, masak, ngobrol, ngerumpi, selfie, modus-modusan..... dll. malemnya, nyanyi bareng, ngopi bareng, main senter senteran sama  tetangga sebelah, kiw kiw an sama tetangga sebelah...








8 Juni 2014
  • pagi udah tiba, dan gue ga liat sunrise :'). sadar sih gue dibangunin buat liat sunrise, tapi apa daya, hayati cuma kebo yang gabisa bangun bangun kalo udah molor. gue bangun matahari udah terbit dan gue kelaperan. langsung deh cari makanan. haha abis makan kenyang, gue naik lagi ke atas papandayan buat liat bunga-bunga edelweis. 
  • gue naik keatas lewat jalur batu. katanya sih ada yang bilang bekas air terjun lah, ini lah, itu lah, pokonya gue climbing di tebing bebatuah disini. lumayan, tinggi banget. 
  • sampe atas, gue jalan ngikutin jalur yang udah ditandain sebuah tanda. haha ketemu deh sama bunga edelweis di tegal alun, abis itu main teletubies teletubiesan terus main selfie selfie an.
  • setelah itu kita turun melewati hutan mati dan langsung ke pondok salada buat makan karna gue laper lagi :')
  • abis makan, kita packing dan beresin semua yang harus diberesin, ngumpulin sampah sampah, inget, gunung bukan pembuangan sampah. pungut sampahmu dan antarkan sampai kalian turun kebawah. begitu sih kata anak-anak kekinian. haha
  • turun melewati jalur awal saat mendaki dan sampai deh di camp david. karna disitu ada banyak yang jualan makanan, gue beli bakso. harga baksonya? harganya? wih, LUMAYAN lah pokonnya :')

selesai makan, kita berkumpul kembali dan mempersiapkan untuk pulang. kita sewa mobil losbak dan langsung dianter sampai ke terminal garut dan gue lupa namanya apa. haha jalur perjalanan lewat jalur belakang dikarnakan pada jam segitu, mobil losbak ga boleh lewat. hehehe sampai diterminal, gue makan lagi sambil nunggu bus dateng. susah klo jalan sama perut gentong, makan mulu dimana-mana. kita dapet bus garut-kampung rambutan kalo ga salah. lupaa, soalnya udah lumayan lama dan susah mengingatnya kembali. maklumin adek ya bang :') terus gue nyambung lagi naik bus jurusan kalideres. nah disinilah tragedi dateng, pas udah au sampe kalideres, handphone sungsang tercita gue lenyap di copet orang :') syedih banget. foto-foto pertama kali gue mendaki, ada disitu semua. syedih bang adek... syediiihhhhh...... abis itu gue langsung naik angkot kalideres-cikokol. tiba dirumah jam 12 malam. yuhuuuuu 
setelat perjalanan trip ke gunung papandayan, gue masuk ke komunitas ini https://backpackertng.wordpress.com/tag/backpacker-indonesia/


dan sisini gue punya temen baru, sahabat baru, dan yang terpenting keluarga baru :) 

kalian bisa lihat video nya disini :


NOTE :
  1. perkiran badget dari gue berangkat sampe pulang kira-kira cuma 250-300 ribu.
  2. bawa sampah turun kembali
  3. jaga kelestarian gunung papandayan
  4. jangan menebang pohon
  5. amankan barang-barang berharga anda. misal hape gitu. mengingat tragedi kecopetan adek yang bikin galau semaleman :')



0 komentar:

Posting Komentar

 

ayusrswtiblog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review